Sekilas Tentang Multimedia

Sekilas Tentang Multimedia ~ Nach pada kesempatan kali ini,saya akan membahas sekilas tentang multimedia.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat  berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering digunakan dalam
dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Berbicara tentang multimedia,Tidak semua orang juga mempunyai bakat multimedia.Memang multimedia agak kelihatan gampang,tapi sebenarnya multimedialah yang tidak sembarang orang yang bisa menggelutinya.salah satunya adalah orang-orang yang sabar,kreatif,inovatif dan mempunyai wawasan yang luasyang dapat menggelutinya.
Multimedia juga dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan informasi berbentuk text, audio, grafis, animasi, dan video.

Multimedia dapad dibedakan menjadi 2 kategori,yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
 1. Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
        a. Media teks/tulisan
        b. Media audio/suara
        c. Media video
        d. Media Animasi
        e. Media Interaktif
        f. Media Gambar
        g. Media spesial effect
 2. Multimedia Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
         a. TV
         b. Radio
         c. Film
         d. Media Cetak
         e. Musik
         f. Game
         g. Entertainment
         h. Dll.
Dengan penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti yang disebutkan dalam laporan hasil penelitiannya,bahwa seseorang hanya akan mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.

Sekian pembahasan sekilas tentang multimedia,semoga dapat bermanfaat untuk semuanya..
Terima kasih,salam sejahtera....

Title : Sekilas Tentang Multimedia
Description : Sekilas Tentang Multimedia ~ Nach pada kesempatan kali ini,saya akan membahas sekilas tentang mul...

2 Responses to "Sekilas Tentang Multimedia"

Muhammad Faris Al Fatih said...

info yang sangat menarik kaka, jadi labih tau mengenai multimedia.. terima kasih atas info yang sangat bermanfaat.. ^^

Adhye Asmadi said...

ok...sama-sama

banyak belajar lebih baik :D