Contoh Jurnal Pemasaran ~ Pada artikel sebelumnya,diblog ini sudah membahas berbagai macam pengetahuan mengenai dunia kampus,seperti Makalah Model Osi,Makalah Normalisasi,Makalah Negara konstitusi.dan pada kesempatan kali ini,saya memberikan sedikit pengetahuan mengenai Jurnal Pemasaran.
Oke Langsung saja kita kepokok permasalahan,dan saya akan memberikan salah satu contoh jurnal pemasaran.
Judul :
Mengukur Jumlah Paparan TVC yang Efektif Biaya untuk
Menimbulkan Dampak Attention, Interest, dan Action pada Konsumen Kota Jambi
ABSTRAK :
Penelitian ini berusaha mengungkapkan peran TVC (TV
Commercial / iklan televisi) dalam keputusan konsumen berdasarkan model hirarki
tanggapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), dan mengukur berapa
paparan iklan yang diperlukan untuk mencapai tujuan dalam setiap tahapan pada
model tersebut. Hal ini penting dilakukan karena TVC sangat mahal sehingga
penempatan dan jumlah paparan yang tidak sesuai dapat merugikan pemasang iklan.
Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama (pendahuluan) adalah untuk
mengetahui kategori produk mana yang menjadi kebutuhan penting (diluar
kebutuhan primer). Dari hasil FGI didapatkan 6 (enam) kategori produk yang
dianggap merupakan kebutuhan penting, dan para responden juga memiliki recall
yang baik terhadap TVC yang berhubungan dengan keenam kategori tersebut. Pada
tahap kedua dilakukan wawancara mendalam (depth interview) terhadap 30 responden
dengan panduan pertanyaan yang dikembangkan dari pertanyaan FGI. Pada tahap
ini, keenam kategori produk beserta TVC yang berhubungan dengan produk tersebut
dijadikan stimulus agar depth interview terfokus dan tujuan penelitian dapat
tercapai. Kemudian dilakukan analisis deskriptif terhadap hasil depth
interview, dan ditemukan hal-hal sebagai berikut (generalisasi):
1. Audiens memiliki recall terhadap TVC, terutama TVC yang
berhubungan dengan merek yang digunakannya atau TVC yang memiliki kreatifitas
yang menyentuh emosi misalnya TVC yang lucu atau menampilkan kehidupan yang
sesuai dengan kehidupan audiens.
2. Hanya dibutuhkan maksimal 2 paparan untuk membuat konsumen dapat
mengasosiasikan TVC dengan merek yang mengiklankannya. Pengasosiasian ini
penting untuk mendapatkan dampak brand image serta memasukkan merek ke dalam
kelompok kesadaran (awareness group) sehingga memiliki peluang untuk masuk ke
dalam kelompok alternatif pilihan dalam tahap pencarian informasi (pada model
proses pengambilan keputusan lima tahap).
3. Hanya
dibutuhkan maksimal 3 paparan untuk mendapatkan dampak Attention. Dampak ini
penting karena merupakan langkah awal untuk memasukkan suatu merek ke dalam
kelompok alternatif pilihan dalam tahap pencarian informasi dan tahap evaluasi
alternative (pada metode proses pengambilan keputusan lima tahap).
4. Untuk mendapatkan dampak Interest, ada perbedaan antara ketiga
jenis produk consumer goods. Untuk convenience goods hanya dibutuhkan maksimal
4 paparan untuk membuat calon pembeli memiliki “rasa ingin tahu lebih banyak”
tentang merek yang diiklankan. Namun untuk shopping goods dan luxury goods
lebih rumit. Dampak interest penting karena merupakan langkah berikutnya untuk
memasukkan suatu merek ke dalam kelompok alternatif pilihan dalam tahap
evaluasi alternatif (pada proses pengambilan keputusan lima tahap).
5. Sedangkan untuk mendapatkan dampak Desire dan Action, hanya pada
convenient goods yang dapat diukur, sedangkan untuk dua jenis produk konsumen
lainnya sulit untuk diukur, dan cenderung pembelian lebih banyak dipicu oleh
faktor lain di luar TVC. Dari temuan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa
pemasang iklan dapat mengkomunikasikan mereknya melalui TVC secara efektif
biaya dengan terlebih dahulu menetapkan tujuan komunikasi dan kemudian mengukur
secara spesifik (berdasarkan kategori produk dan siklus daur hidup merek)
jumlah paparan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Penempatan TVC
secara kontinu diperlukan namun dengan jumlah yang sesuai dengan hasil
pengukuran, penempatan TVC yang kontinu akan menjadi reminder bagi konsumen
Kemudian disarankan untuk mencocokkan jadwal penempatan dengan kebiasaan media
konsumen, serta membuat kreatif pesan TVC yang bervariasi dan sesuai dengan
faktor demografis segmen sasaran
terima Kasih,semoga bermanfaat....
salam berbagi...!!
Title : Contoh Jurnal Pemasaran
Description : Contoh Jurnal Pemasaran ~ Pada artikel sebelumnya,diblog ini sudah membahas berbagai macam pengetahuan mengenai dunia kampus,seperti ...
Description : Contoh Jurnal Pemasaran ~ Pada artikel sebelumnya,diblog ini sudah membahas berbagai macam pengetahuan mengenai dunia kampus,seperti ...
2 Responses to "Contoh Jurnal Pemasaran"
gan, ada refrensi gak untuk belajar menulis jurnal?
sebenarnya ad brother,tpi d blog in sya belum tulis materinya..
mungkin pada artikel selanjutnya saya akan berikan sedikit tata cara penulisan jurnalnya..
terima kasih..
Post a Comment